Layanan Situs Web Hosting Pertama Kali di Dunia

Caritaw Hosting itu tempat untuk menyimpan file website kamu. Jadi, kalo kamu punya website, maka perlu ada di suatu tempat yang bisa diakses orang di internet. Nah, tempat itulah yang disebut hosting. Ada berbagai macam jenis, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tinggal pilih yang cocok sama kebutuhan website kamu aja.

Sekarang ini sudah banyak penyedia hosting yang memberikan penawaran menarik di internet. Eh tapi, kira-kira siapa ya penyedia atau layanan hosting pertama di dunia ?

Layanan Hosting Pertama Kali di Dunia

Bermula dari sebuah organisasi bernama CERN yaitu Organisasi Eropa untuk Proyek Penelitian Nuklir yang saat itu sedangmengerjakan salah satu proyeknya yang disebut sebagai ENQUIRE. Tim Berners-Lee yang merupakan ilmuwan dari CERN menciptakan World Wide Web agar para ilmuwan bisa berbagi informasi secara otomatis dengan berbagai lembaga di seluruh dunia lebih nyaman

Masih pada tahun yang sama, lahir lah situs website yang pertama, dan dihosting oleh komputer NeXT milik Berners-Lee. Situs web ini memiliki fungsi untuk mengakses berbagai macam data yang penting. Bisa dibilang inilah layanan hosting pertama kali di dunia yang menjadi pelopor web hosting sekarang ini.

Hingga sekarang mesin komputer NeXT yang berfungsi sebagai hosting ini masih ada di kantor pusat CERN.

Sebenarnya WWW sempat dibatasi, namun pada tahun 1991 National Science Foundation mencabut pembatasan tersebut. Pada tahun yang sama bahasa komputer HTML mulai diperkenalkan, selain itu untuk menemukan lokasi atau alamat suatu website sudah menggunakan URL.

Perkembangan internet dan dunia maya dianggap sangat menjanjikan, sehingga mulai banyak perusahaan yang tertarik dengan layanan web hosting.

Artikel Menarik Lainnya  12 Layanan Hosting Gratis Terbaik

Jika sebelumnya WWW ini hanya digunakan untuk komunikasi antara ilmuwan CERN saja. Namun, pada tahun 1993 World Wide Web ini ditempatkan di domain public dengan lisensi terbuka agar bisa digunakan secara luas.

Pada tahun 1994, setahun setelah World Wide Web (WWW) menjadi domain publik, David Bohnett dan John Rezner membentuk sebuah layanan web hosting yang bernama GeoCities yang berlokasi di California Selatan.

Pada saat yang sama, The National Science Foundation (NSF) juga mengumumkan empat titik akses internet utama di beberapa kota besar Amerika Serikat, yaitu Washington DC, New York, Chicago, dan San Francisco.

GeoCities terus mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun setelah itu dan jutaan orang mendaftar ke situs web ini, membuatnya menjadi situs web paling populer kelima pada tahun 1997. Selanjutnya pada tahun 1999 Yahoo! mengakuisisi platform ini dan membuat inovasi sehingga pengguna bisa mengunggah berbagai macam konten ke halaman situs mereka yang di hosting di “Virtual City” miliki GeoCities.

Perkembangan Layanan Web Hosting

Dahulu web hosting hanya digunakan oleh institusi, perusahaan dan Universitas untuk mengakses dan berbagai informasi yang penting. Selain itu, masih sedikit orang yang menggunakan layanan ini karena memang harganya cukup mahal dan cara menggunakannya juga cukup sulit.

Tapi sekarang sudah banyak bertebaran penyedia hosting yang menawarkan layanannya dengan harga yang sangat terjangkau. Tampilannya juga lebih ramah pengguna sehingga mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Web hosting terus mengalami perkembangan, dari yang awalnya berupa mesin komputer miliki NeXT Berners-Lee, kemudian semakin berkembang secara virtual berupa shared hosting dan sekarang ini sudah tersedia hosting dalam bentuk cloud seperti Google cloud, Microsoft dan Amazon Web Services.

Artikel Menarik Lainnya  Apa Keuntungan dari Jaringan LAN ? Ini Jawabannya

Dengan hadirnya layanan hosting maka semua file di dalam website kamu bisa diakses melalui internet sehingga bisa di lihat dan disebarkan ke seluruh dunia, apalagi jumlah pengguna internet terus bertambah setiap harinya.

About Admin

Check Also

kekurangan serta kelebihan menggunakan hosting berbasis vps

Kekurangan Serta Kelebihan Menggunakan Hosting Berbasis VPS

Caritaw – Kekurangan serta kelebihan menggunakan hosting berbasis VPS harus diketahui oleh para developer website …