window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-P46VGYRHFP'); Mengenal Komputasi Awan (Cloud Computing)

Mengenal Komputasi Awan (Cloud Computing)

cloud computing komputasi awan
Pic : Pixabay

Caritaw Mungkin kamu pernah dengar istilah komputasi awan atau cloud computing di beberapa artikel dan sosial media khususnya yang membahas seputar IT. Kalau dilihat dari definisinya, komputasi awan ini merupakan suatu teknologi komputasi atau komputer yang bisa digunakan bersama-sama dengan memanfaatkan jaringan internet atau disebut cloud (awan).

Maksud “awan” disini merupakan gambaran dari suatu infrastruktur jaringan yang cukup kompleks menggunakan jaringan internet. Di dalam cloud computing ini terdapat sumber daya pendukung seperti server, database, jaringan, penyimpan data dan software.

Jika selama ini kamu menyimpan file atau data di dalam hard disk dan flash disk, maka dengan adanya cloud ini kamu bisa menyimpan file dimanapun dan kapan pun selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi cloud computing atau komputasi awan ini untuk menyimpan berbagai macam data perusahaan karena dinilai lebih efektif, hemat waktu dan biaya serta meningkatkan produktivitas.

Manfaat Cloud Computing

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan cloud computing dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa langsung mengakses semua data yang disimpan melalui gadget yang memiliki koneksi internet, jadi gak perlu repot bawa hard disk atau flash disk kemana-mana.

Cloud Computing itu sendiri bisa disetting untuk public tapi juga bisa disetting secara private. Selain itu, ada juga perusahaan yang menyediakan layanan hybrid, dimana layanan public dan private dikombinasikan menjadi satu.

Beberapa manfaat Cloud Computing yang bisa kamu dapatkan

  • Layanan email
  • Penyimpanan, backup dan juga pengambilan data
  • Analisa data
  • Develop dan testing aplikasi atau program

Belakangan ini, penggunaan aplikasi bukan hanya di kalangan perusahaan besar. Banyak juga perusahaan kecil bahkan UMKM yang memanfaatkan layanan komputasi awan ini.

Jenis Layanan Cloud Computing

Secara garis besar Cloud Computing ini merupakan teknologi penyimpanan yang terdiri dari beberapa macam layanan yaitu software as service (Saas), Infrastructure as service (Iaas) dan Platform as service (Paas). Yuk, kita bahas sedikit :

Sofware As Service : Kamu bisa langsung menggunakan layanan ini melalui aplikasi yang telah tersedia seperti Gmail, Microsoft Outlook, Twitter, Facebook dan lainnya. Keuntungan menggunakan layanan ini kamu tidak perlu membeli lisensi aplikasi tersebut untuk mengaksesnya.

Platform As Service : layanan ini dikemas dalam suatu platform untuk bisa diakses. Didalamnya terdapat sistem operasi, web server, database dan framework untuk menjalankan berbagai macam program atau aplikasi yang telah dibuat. Contoh layanan PaaS yang cukup terkenal yaitu Amazon Web Service dan Windows Azure.

Infrastructure As Service : Layanan komputasi awan ini memiliki beberapa macam infrastruktur IT seperti RAM, storage, bandwith, CPU dan lainnya. Semua komponen tersebut dibutuhkan untuk membuat sistem komputer virtual. Perusahaan yang menyediakan layanan ini diantaranya Amazon EC2 dan BiznetCloud.

Artikel Menarik Lainnya  Kumpulan VPS Gratis untuk SSH

Apa Saja Kelebihan Memakai Cloud Computing?

Selain dapat mengakses berbagai macam file yang disimpan dari jauh, kamu juga dapat juga dapat membuka email dan juga melihat file dimana saja dan kapan saja seperti Google Drive dan Dropbox. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak perusahaan yang beralih menggunakan Cloud Computing, karena dirasa lebih hemat dan lebih efektif.

Dengan adanya komputasi awan maka ruang penyimpanan di komputer atau laptop menjadi lebih hemat. Buka itu saja, kamu juga bisa share file dengan rekan atau keluarga yang memiliki kepentingan untuk mengakses file yang kamu simpan dengan mudah dan cepat.

Waktunya sekarang mulai beralih ke komputasi awan untuk penyimpanan file agar lebih mudah diakses dimanapun kamu berada. Namun, kamu juga harus jeli dalam memilih penyedia layanan komputasi awan, jangan asal pilih, ya.