Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menggunakan Adobe Reader

47 sec read

memperkecil ukuran file pdf

Caritaw Ketika kita selesai membuat dokumen dengan format PDF terkadang ukuran filenya terlalu besar sehingga harus mengompresi PDF sehingga ukuran file menjadi lebih minimalis dan bisa dikirim serta dibuka lebih cepat.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, tergantung pada platform Anda, kebutuhan privasi, dan berapa banyak waktu yang Anda miliki. Meskipun metode kompresi file pdf ini adalah yang paling mudah, metode ini juga menghadirkan risiko keamanan terbesar, karena file PDF Anda akan diunggah ke server situs web.

Sebagai aturan, Anda harus benar-benar menghindari penggunaan alat online gratis untuk dokumen yang berisi informasi pribadi yang dapat diidentifikasi, seperti Aadhaar, paspor, dan sejenisnya. Di sisi lain, jika informasi dalam dokumen tersedia untuk umum, kurangnya privasi dan keamanan mungkin tidak menjadi masalah.

Tutorial Memperkecil Ukuran File PDF dengan Adobe Reader

Adobe Acrobat Reader DC adalah pembaca PDF gratis, tetapi fitur pengoptimalan PDF hanya tersedia sebagai bagian dari langganan Acrobat Pro berbayar. Jika Anda mau menambah lebih dari seribu dolar sebulan, inilah cara kerjanya:

  • Buka file PDF dalam Adobe Acrobat.
  • Klik Alat> Optimalkan PDF.
  • Dari bilah alat yang muncul di atas PDF, pilih Kurangi Ukuran File.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak kontrol, pergilah ke Optimasi Tingkat Lanjut. Kemudian klik Audit penggunaan ruang untuk melihat elemen halaman apa yang mengambil berapa banyak ruang.
  • Setelah Anda puas, tekan OK.
  • Buka File> Save As, dan buat salinan.

Artikel Menarik Lainnya  Ini Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya!