Ini Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya!

1 min read

penyebab laptop lemot

Caritaw Laptop kamu lemot? Nungguin loading lama banget? Tenang. Jangan keburu emosi dengan memukul-mukul laptop. Itu tidak berguna untuk menyelesaikan masalahnya. Jika ingin memperbaikinya, lebih baik diketahui dulu penyebabnya. Apa saja penyebabnya? Ini penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya!

Punya laptop lemot tentu mengganggu produktivitas penggunanya. Apalagi jika kamu adalah seorang pekerja yang sangat butuh laptop untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan, pasti rasa jengkelmu sampai pada tahap tertingginya. Tetapi, lebih baik dipikirkan dan diselesaikan dengan kepala dingin.

Jika emosi, laptop lemot yang kamu miliki, bukannya bisa dibenerin malah tambah rusak. Untuk awal, lebih baik diketahui dulu penyebabnya agar dapat langsung mengatasinya.

Ini Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Terkadang, ada sekian penyebab laptop yang membuatnya lemot. Penyebab ini, harus diketahui terlebih dahulu agar diketahui cara efektif untuk mengatasinya. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak uraian berikut ini, ya!

Memiliki Masalah pada Hard Disk

Bisa jadi, laptop kamu lemot gara-gara hard disk yang ada di dalamnya mengalami masalah. Ada sekian masalah seperti; hard disk sudah usang, memorinya penuh, dan temporary file yang ada sudah terlalu banyak.

Kalau masalahnya ada pada hard disk yang sudah usang, berarti penyebabnya adalah terdefragmentasinya proses pembacaan data pada hard disk. Biasanya dikenal dengan istliah nge-frag. Ini terjadi lantaran data yang tersimpan cukup berserakan dan untuk mengaksesnya tentu butuh waktu yang lebih lama dari biasanya.

penyebab laptop lemot

Jika masalahnya ada pada hard disk yang penuh, artinya kamu harus mengosongkan dan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan terlebih dahulu. Kalau storage dari hard disk kamu sudah terisi lebih dari 95% maka kemungkinan besar laptop kamu akan lemot karena terlalu berat dalam membukanya.

Artikel Menarik Lainnya  ✅ Cara Nonton Drakor di Telegram Gratis Tanpa Kuota

Masalah pada Hard Disk lainnya adalah data situs yang pernah kamu kunjungi terlalu banyak tersimpan. Sebenarnya ini berguna agar kamu lebih cepat mengakses situs tersebut. Namun tak jarang menyebabkan laptop jadi tambah lemot.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu melakukan beberapa opsi seperti mengganti hard disk, membersihkan file yang penuh, dan menghapus temporary file yang telalu banyak.

Kebanyakan Program

Ini penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya poin kedua. Kamu terlalu banyak memasang program ke laptopmu. Walaupun program tersebut tidak kamu buka dan jalankan sendiri, ia akan otomatis berjalan di background mulai awal kamu menghidupkan laptop.

Jika program yang aktif di background terlalu banyak, ia akan memakan RAM laptop dan menjadikannya bekerja terlalu keras. RAM akan sangat dibebani dengan seluruh ruang dihabiskan untuk menjalankan program yang ada. Ini bisa jadi salah satu penyebab laptop kamu lemot.

penyebab laptop lemot

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mematikan program yang berjalan di background dengan cara mengetik msconfig pada menu Start. Lalu pilihlah tab Start-up dan kemudian pilih untuk mematikan program yang memakan RAM terlalu banyak.

RAM Kecil

Kapasitas RAM itu sangat penting untuk laptop dalam menjalankan program di dalamnya. RAM sendiri, nantinya membagi alokasi penggunaan terhadap beberapa aplikasi atau program. Jika kebanyakan dan RAM kamu terlalu kecil, maka ia tidak akan cukup dan seluruh kapasitasnya penuh.

penyebab laptop lemot

Ini bisa menjadi salah satu sebab laptop kamu tambah lemot. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi. Dengan catatan, kamu sudah memperhatikan spesifikasi RAM maksimal yang ada dalam laptop kamu.

Selain itu, ada sekian penyebab termasuk browser yang kamu gunakan terlalu berat, ada malware dalam laptop, dan juga kamu jarang melakukan update terhadap OS yang dimiliki laptop.

Artikel Menarik Lainnya  Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom Untuk Pemula

Dengan diketahuinya beberapa cara tersebut, kamu bisa langsung mengatasinya. Bisa dengan meminta bantuan teman atau menyelesaikannya sendiri jika bisa. Semoga membantu!