Cara Upload Aplikasi ke Playstore

3 min read

cara upload aplikasi ke playstore

Caritaw Pada zaman yang serba modern ini, bisnis aplikasi Android menjadi ladang bisnis yang menjanjinkan. Namun bagaimana dengan cara upload aplikasi ke playstore? Jangan khawatir, sebab di bawah ini akan diulas lebih lengkap dan detail.

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun lalu memang banyak sekali para developer. Mereka bersaing dalam membuat serta memasarkan aplikasi ciptaan mereka. Bahkan kamu yang baru saja belajar saat ini, juga belum tentu ketinggalan. Kamu bisa membuat aplikasi dan kemudian didownload serta digunakan banyak orang.

Sedangkan dalam mengupload aplikasi, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Play Store. Dalam melakukan upload aplikasi, maka kamu harus membuat akun Google Developer Console terlebih dahulu. Bahkan dalam mendapatkan akun Google Developer, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Kamu harus membayar sekitar 25 dollar atau 300 ribu lebih kepada pihak Google.

Pembayaran tersebut kamu lakukan sekali dalam seumur hidup. Setelah itu, kamu bebas mengupload aplikasi sesuka kamu dan sebanyak yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukan pembayaran tersebut dengan menggunakan kartu kredit.

Nah, pasti kamu semua penasaran dengan cara melakukan upload aplikasi ke Play Store? Kamu tak perlu khawatir, sebab di bawah ini akan diulas lebih lengkap dan detail mengenai cara tersebut. Maka dari itu, kamu wajib menyimaknya dengan seksama, dan berikut ulasan lebih lengkapnya :

Cara Upload Aplikasi ke Playstore

Apabila diperumpamakan, Google Play Store merupakan sebuah toko. Kemudian di dalam toko tersebut tersedia banyak sekali barang yang dijual. Kemudian setiap aplikasi yang gratis di dalam toko, pasti ada iklannya. Hal tersebut yang merupakan sumber penghasilan dari para pembuat aplikasi atau developer.

Hal seperti ini pastinya membuat kamu tertarik untuk mendapatkan banyak uang dengan cara mengupload aplikasi ke Play Store, namun kamu masih bingung dengan caranya. Tenang saja, kamu tak perlu bingung. Kamu hanya perlu mendaftar ke akun Google Developer terlebih dahulu dalam membuat karya berupa aplikasi. Kemudian aplikasi yang sering dijumpai oleh para Developer adalah dengan alikasi Android Studi.

Artikel Menarik Lainnya  Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar OJK

Nah di bawah ini, akan diulas lebih dalam lagi mengenai Cara Upload Aplikasi ke Playstore. Bagi kamu yang berminat dengan cara ini, kamu wajib menyimaknya. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Persiapan Sebelum Upload Aplikasi ke Play Store :

Sebelum kamu melakukan upload aplikasi, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Beberapa hal tersebut sangat penting perannya agar kamu bisa upload aplikasi ke Play Store, diantaranya adalah :

  • Kamu harus sudah membuat akun Developer Google Play Store
  • Kemudian siapkan file apk asli buatan kamu sendiri yang sudah ada keystorenya
  • Lalu siapkan beberapa berkas, seperti icon dengan resolusi 512×512, background ukurang 1024×500, screenshot aplikasi minimal 2.

Registrasi di Google Play Developer Console

Sebelum melakuan upload aplikasi, pertama-tama kamu harus membuat akun di Google Play Developer Console terlebih dahulu. Bingung dengan caranya? simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama, masuk ke halaman web google.com/apps/publish,
  • Kemudian Kamu akan diminta untuk login menggunakan akun Google yang khusus untuk aplikasi, apabila kamu belum memilikinya maka harus membuatnya terlebih dahulu,
  • Lalu kamu masuk ke “Accept Developer Agreement”,
  • Setelah itu, kamu centang boks persetujuan perjanjian setelah kamu membaca detail perjanjiannya,
  • Baru kemudian, kamu akan diminta mengisi detail kartu kredit untuk proses pembayaran biaya registrasi sebesar $25 (sekitar Rp. 260.000). Sebagai catatan, biaya registrasi tersebut hanya dibayar sekali saja,
  • Setelah detail kartu kredit terverifikasi dan pembayaran sudah dilakukan, selanutnya adalah kamu akan diminta untuk melengkapi detail akun kamu,

Kurang lebih seperti itu cara registrasi menjadi pihak pengembang di Google Play Store, mudah sekali bukan? Selama kamu mempunyai kartu kredit, semuanya bisa teratasi dengan mudah. Kemudian setelah melakukan registrasi, kamu bisa langsung mengakses akun Google Play Developer Consel.

Artikel Menarik Lainnya  Cara Download Status Whatsapp Dengan Cepat Sebelum Terhapus

Akun tersebut yang memiliki fungsi sebagai tempat dalam melakukan upload aplikasi atau merilis aplikasi ke Google Play Store. Maka dari itu, simpan user dan kata sandi pada akun tersebut.

Sekarang ke Cara Upload Aplikasi ke Playstore :

Setelah melakukan registrasi dan melengkapi data yang lain, kini caranya untuk mengupload aplikasi ke Play Store. Cara Upload Aplikasi ke Playstore sebenarnya tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memperhatikan dengan seksama saja. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke akun Developer Google Play Store dengan menggunakan akun yang sudah kamu registasi tadi,
  2. Kemudian klik menu Apk dan Create New App. Kamu bisa memilih bahasa dan nama file apk yang akan di upload, lalu kamu pilih upload apk,
  3. Silahkan pilih menu file APK yang ingin kamu, apabila berhasil tanda centang akan menyala,
  4. Setelah itu, kamu pilih menu Content Rating. Tampilan pertama, klik continue. Kemudian masukan e-mail kamu dan pilih kategori aplikasi kamu. Berikutnya, kamu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai aplikasi yang akan di upload tersebut. Apabila sudah selesai, klik Save questioner dan klik calculate rating. Kemudian kamu pilih Apply Rating, apabila benar centang akan nyala,
  5. Lalu kamu klik menu Store Listing. Pda tahap ini, kamu beri tanda bintang (*) untuk yang wajib di isi, sebab nantinya akan muncul pada play store ketika akan di download. Penjelasan mengenai beberapa hal penting :
  • Title : Isi judul aplikasi kamu
  • Short description : Isi penjelasan singkat aplikasi kamu
  • Full description : Isi jabaran mengenai aplikasi kamu, maksimal 4000 karakter
  • Screenshots : Isi screnshoot aplikasi kamu minimal 2 screenshot.
  • Hi-res icon : isi dengan icon ukuran 512×512
  • Feature Graphic : isi dengan gambar ukuran 1024×500. ini untuk background aplikasi di play store.
  • Application type : Isi jeni apk kamu aplikasi atau game
  • Category : Isi kategori aplikasi
  • Content rating : isi yang dapat memeri rating aplikasi
  • E-mail : sisi e-mail
  • Privacy policy : isi url privacy policy kamu, bisa dari blog kamu
  1. Setelah semua telah terisi dengan benar, kemudian klik save draft, apabila berhasil maka centang akan menyala,
  2. Lalu kamu pilih menu Pricing dan Distrubution. Pada bagian ‘This application is’ kamu pilih free apabila aplikasi tersebut bisa di donwnload secara gratis. Setelah itu, kamu  pilih negara mana saja yang bisa mendownload aplikasi tersebut,
  3. Sedangkan pada content ads, kamu pilih yes apabila aplikasi tersebut ada iklannya,
  4. Kamu centang saja pada bagian Content guidelines dan US export laws, kemudian klik save draft. Apabila sukses, maka centang akan menyala,
  5. Jika APK, Store Listing, Content Rating dan Pricing & Distribution centang menyala, maka tombol Publish App juga menyala,
  6. Terakhir, kamu tinggal klik Publish App dan aplikasi kamu akan berhasil di upload ke Play Store,
  7. Kamu tunggu beberapa saat sekitar kurang lebih 2 jam, maka aplikasi sudah siap di download di Play Store,
  8. Selesai.
Artikel Menarik Lainnya  Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Sd Lebih Cepat dan Mudah

Akhir Kata

Bagaimana, sedikit rumit bukan mengenai Cara Upload Aplikasi ke Playstore? Maka dari itu, kamu harus melakukannya dengan cukup teliti sambil melihat tutorial yang sudah tersedia di atas. Dengan demikian, aplikasi yang kamu buat bisa didownload dan digunakan oleh banyak orang. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *