Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom Untuk Pemula

3 min read

cara menggunakan aplikasi lightroom

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari cara menggunakan aplikasi lightroom untuk pemula, kamu sudah tepat jika membaca artikel ini. Disini akan diberikan serangkaian penjelasan dan juga langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi lightroom. Tentu dengan penjelasan rinci agar kamu tidak menggunakan aplikasi lightroom sembarangan.

Jika kamu menggunakannya dengan sembarangan, maka hasil edit foto yang kamu lakukan tidak akan memiliki kualitas tinggi dan hasilnya bisa kurang begitu bagus. Lightroom, bisa kamu gunakan secara maksimal untuk melakukan optimasi terhadap foto agar foto yang kamu miliki bisa seperti para artis selebgram dan juga dengan hasil yang memuaskan.

Aplikasi ini cocok kamu gunakan ketika mengambil foto dengan kamera namun hasilnya masih biasa-biasa saja. Foto tersebut, masih merupakan foto mentah yang sebaiknya jangan langsung kamu unggah ke media sosial pribadimu. Lebih baik, lakukan sekian upaya untuk mempercantik dan memperindah hasilnya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi lightroom untuk mempercantik dan memberi efek terhadap foto dengan kualitas yang kurang bagus. Tapi, banyak orang dan mungkin termasuk kamu, belum bisa menggunakan lightroom dengan maksimal. Bagaimana cara penggunaannya untuk seorang pemula atau orang yang baru pertama kali menyentuh lightroom? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Menu Adobe Lightroom

Sebelum kamu langsung terjun pada cara mengedit atau menambahkan preset foto dengan lightroom, lebih baik kamu mengetahui dan mempelajari dahulu tentang menu apa saja yang ada di dalamnya. Dengan diketahuinya beragam menu serta kegunaannya, kamu akan lebih mudah untuk mengedit foto yang dimiliki.

  1. Library

Untuk menu pertama, ada library. Menu ini menjadi tempat untuk menampilkan beberapa file yang kamu miliki di dalam lightroom yang pernah kamu edit sebelumnya. Fungsi lain dari menu ini adalah untuk menambahkan foto baru yang akan kamu edit sedemikian rupa sesuka hati kamu sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Shared
Artikel Menarik Lainnya  Cara Menyatukan File PDF Tanpa Perlu Install Aplikasi

Menu kedua ini, memiliki fungsi utama untuk membagikan dan juga menyimpan foto yang kamu miliki secara online di galeri web yang dibuat oleh lightroom. Saat kamu memutuskan untuk menggunakan menu ini, orang lain akan bisa melihat hasil karya yang kamu buat.

  1. Learn

Menu ketiga yakni learn. Di menu ini, kamu akan diberikan serangkaian tutorial yang diberikan secara gratis oleh lightroom. Dengan ini, kamu bisa tahu beberapa tips dan trik dalam mengedit dan mempercantik foto yang kamu miliki. Ada beberapa pilihan dalam menu learn ini seperti tingkat keahlian penggunaannya; beginner, intermediate, dan juga advanced.

Selain itu ada juga opsi bentuk foto yakni landscape dan juga potrait. Kamu juga bisa menemukan banyak opsi lainnya seperti tema foto travel dan juga food. Selain itu           ada opsi colour, light, composition, fix, stylize, B&W, dan beberapa opsi sejenis. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

  1. Discover

Nah, di menu discover kamu bisa melihat berbagai karya yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi lightroom. Tampilannya mirip seperti feed media sosial pada umumya dan tentu, hanya menampilkan foto tanpa ada kata-kata ataupun caption yang menyertainya. Ini bisa menjadi tempatmu untuk mencari referensi tentang preset, komposisi warna, dan beragam jenis kebutuhan editing lainnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom

Setelah kamu tahu beberapa menu yang ada di lightroom, sekarang kamu bisa mulai untuk mengetahui bagaimana menggunakan lightroom dengan benar. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasan berikut ini!

  1. Buka Aplikasi Adobe Lightroom
  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi lightroom dari Play Store ataupun App Store. Tenang, aplikasi ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis.
  • Setelah itu, cobalah untuk menjalankan aplikasi lightroom. Di awal, kamu akan diberikan semacam informasi untuk pengenalan terhadap aplikasi lightroom. Ikuti saja perintah yang ada di sana, jika memang tidak mau, pilih opsi untuk melewatinya.
  1. Masuk ke Akun Adobe Yang Kamu Miliki
  • Setelah kamu menjalankan aplikasi lightroom, langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukan login dengan akun adobe yang kamu miliki.
  • Jika belum, silakan mendaftar terlebih dahulu. Caranya mudah, kok. Kamu bisa mendaftar menggunakan akun Facebook ataupun akun Gmail yang kamu miliki.
  • Setelah selesai, login ke dalam aplikasi tersebut
  1. Tambahkan Item dan Album Foto Baru
  • Setelah kamu melakukan login, tahap selanjutnya adalah menambahkan item ataupun album yang baru
  • Untuk menambahkannya, pilih opsi New Item kemudian pilih Album
  • Setelah itu, berilah nama album yang baru saja kamu buat untuk memudahkan kamu ketika mencarinya
  • Klik Ok untuk menambahkan album secara otomatis
  1. Tambahkan Foto atau Impor dari Galeri Foto Smartphone
  • Untuk melanjutkan proses pengeditan foto, tahap selanjutnya adalah kamu harus menambahkan atau mengimpor foto dari file yang ada di galeri smartphone yang kamu miliki
  • Caranya adalah dengan klik tombol atau ikon +
  • Setelah itu pilih opsi Device untuk bisa menambahkan foto yang ada di smartphone kamu
  • Selain cara ini, kamu bisa kok mengambil foto secara langsung dari aplikasi lightroom dengan cara menekan ikon Kamera yang letaknya di sebelah ikon + tadi
  • Jika selesai, klik tombol Add untuk menambahkan foto yang kamu inginkan ke dalam aplikasi lightroom
  1. Proses Edit Foto di Lightroom
  • Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke halaman pengeditan
  • Di halaman pengeditan, kamu bisa menemukan berbagai tool seperti Selective, Healing, Preset, dan beberapa tool lain yang bebas kamu gunakan sesuai keinginan
  • Ada sekitar 15 tool yang disediakan oleh lightroom yang siap kamu gunakan. Tapi harap diingat, setiap tool yang ada itu memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri-sendiri.
  1. Save Hasil Edit
  • Setelah kamu selesai melakukan proses pengeditan dengan tool sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya adalah hanya tinggal menyimpan hasil edit foto yang tadi dilakukan
  • Cara menyimpannya pun tergolong mudah, kamu hanya perlu menekan ikon Berbagi (<) yang terletak di tiga titik pojok kanan atas
  • Dan kamu hanya perlu menekan opsi Save to Device agar hasil edit foto yang dilakukan bisa tersimpan di galeri smartphone.
  • Kamu juga bisa membagikannya ke teman-teman atau langsung ke media sosial pribadimu, loh. Caranya kamu hanya perlu memilih opsi Share to yang ada di dalam lightroom
  1. Atur Resolusi Foto
  • Jika kamu memilih opsi Save to Device, biasanya akan dilanjutkan dengan tampilan jendela untuk memilih kualitas edit foto yang kamu lakukan.
  • Disini terdapat opsi Highest Available Quality jika kamu ingin menyimpannya dalam kualitas maksimal
  • Dan ada limit sebesar 2048 pixel untuk foto yang kamu simpan
  • Setelah memilih kualitas foto yang kamu inginkan, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menekan Ok untuk melakukan proses penyimpanan secara otomatis
  • Foto yang kamu edit berhasil disimpan jika kamu telah menerima pemberitahuan One Photo Exported Succesfully
  1. Selesai
  • Foto yang sebelumnya diedit dan sudah berhasil disimpan, bisa kamu lihat di folder ADOBELIGHTROOM. Carilah di dalam galeri foto smartphone yang kamu miliki.
Artikel Menarik Lainnya  ✅Cara Hapus Akun Zoom Di Smartphone Android dengan Mudah

Bagaimana? Kamu sudah cukup mengerti, kan cara menggunakan aplikasi lightroom? Bagi kamu yang pemula, kamu harus belajar banyak agar bisa menggunakan aplikasi lightroom dengan baik dan benar. Kamu tidak bisa mendapatkan hasil maksimal jika tidak berusaha dengan keras.

Saran untuk kamu yang masih pemula, sering-seringlah mencari tutorial atau cara menggunakan aplikasi lightroom di mesin pencari. Kamu bisa menambah pengetahuan dan skill edit foto dengan membaca banyak artikel tutorial ataupun menyimak video tutorial dari seorang yang sudah ahli menggunakan lightroom.Atau kamu juga bisa langsung bertanya ke teman-temanmu yang pernah atau sudah jago menggunakan aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *